Tugas Akuntansi manajemen
2-22
1.Laporan barang jadi yang dimanufaktur
|
|
|
| Kimmelman Company |
|
|
| Laporan Barang Jadi yang dimanufaktur |
| ||||
|
|
|
| Untuk Periode yang Berakhir 31 Desember 2008 |
|
|
|
| |||||
Bahan baku langsung |
| |||||
Persediaan awal | $ 93,600 |
| ||||
| Pembelian | 675,000 |
| |||
| (-)Persediaan akhir | -133,600 |
| |||
| 635,000 |
| ||||
| Pasokan yang digunakan dalam produksi | 14,600 |
| |||
| Bahan baku langsung yang terpakai | 649,600 | ||||
| Tenaga kerja langsung | 400,000 | ||||
| Overhead pabrik |
| ||||
| Tenaga kerja tak langsung | 80,000 |
| |||
| Sewa bangunan | 84,000 |
| |||
| Depresiasi peralatan pabrik | 120,000 |
| |||
| Utilitas pabrik | 23,912 |
| |||
| 307,912 | |||||
| Barang dalam proses awal | 26,082 | ||||
| Total biaya manufaktur | 1,383,594 | ||||
| (- ) Barang dalam proses akhir | -29,992 | ||||
| Harga pokok produksi |
|
| 1,353,602 |
2.Biaya rata – rata produksi satu unit produk = 1,353,602 : 5000 =$271
3.Laporan laba rugi bagi pengguna eksternal
|
|
| Kimmelman Company |
|
|
| Laporan Laba Rugi |
| |||
|
|
| Untuk Periode yang Berakhir 31 Desember 2008 |
|
|
|
| ||||
Penjualan (4800 x$650) | 3,120,000 | ||||
(-)Harga pokok penjualan: |
| ||||
| Persediaan awal barang jadi | 160,000 |
| ||
| Harga pokok produksi | 1,353,602 |
| ||
| Barang tersedia dijual | 1,513,602 |
| ||
| (-)Persediaan akhir barang jadi | -228,200 |
| ||
| 1,285,402 | ||||
Laba kotor | 1,834,598 | ||||
(-) Beban operasi
|
Beban penjualan: |
| |||
| Komisi penjual | -360,000 | |||
| Gaji supervisor penjualan | -180,000 | |||
| Beban administrasi: |
| |||
| Administrasi umum | -600,000 | |||
Laba sebelum pajak |
|
|
| 694,598 |
2-20
Keterangan:FBM=Functional Based Management, ABM=Activity Based Management
a. FBM, karena kinerja dari FBM diukur dengan membandingkan hasil aktual dengan standar.
b. FBM.Dalam FBM sistem penghargaan digunakan untuk memotivasi individual untuk mengelola biaya dengan meningkatkan efisiensi operasional unit organisasional mereka.
c. ABM.Tinjauan biaya ABM melacak biaya untuk aktivitas lalu kemudian ke produk( penelusuran intensif).
d. FBM, karena dalam FBM menelusuri biaya ke tiap individual yang bertanggungjawab pada biaya yang terlibat. Jadi, perlu untuk memaksimalkan kinerja subunit organisasional individual untuk memaksimalkan kinerja organisasi secara keseluruhan (pusat tanggung jawab).
e. ABM,karena dalam ABM membutuhkan aktivitas yang terinci untuk memaksimalkan kinerja sistem secara luas.
f. FBM, karena FBM tidak terlalu membutuhkan informasi aktivitas, karena FBM berfokus pada pengelolaan biaya bukan aktivitas.
g. FBM, karena FBM membandingkan biaya yang dianggarkan dengan biaya actual.
h. ABM,karena dalam ABM membutuhkan penelusuran yang intensif.
i. ABM, karena dalam ABM memerlukan tinjauan proses dengan mengidentifikasikan faktor penyebab biaya suatu aktivitas.
j. FBM, karena dalam FBM sistem penghargaan digunakan untuk memotivasi individual untuk mengelola biaya dengan meningkatkan efisiensi operasional unit organisasional mereka.
k. FBM,karena berfokus pada pengelolaan biaya.
l. ABM, karena ABM membutuhkan tinjauan proses dengan mengidentifikasi faktor penyebab biaya suatu aktivitas.
m. ABM, karena dalam ABM membutuhkan penelusuran yang intensif, bukan penelusuran alokasi.
n. ABM, karena ABM memaksimalkan kinerja sistem.
o. FBM, karena FBM hanya menggunakan ukuran kinerja financial.
2-21
1. Bahan baku langsung yang dipakai = biaya jasa yang ditambahkan-(bahan baku langsung+overhead) =$13,550,000 – ($12,000,000+$1,100,000) =$450,000
2. Laporan biaya dari jasayang terjual:
|
|
| Lebowski and Associates |
|
|
|
| Laporan Biaya dari Jasa yang Terjual |
| ||||
|
|
| Untuk Periode yang Berakhir 30 Juni 2008 |
|
|
|
|
| |||||
Biaya jasa yang ditambahkan: |
| |||||
| Bahan baku langsung | 450,000 | ||||
| Tenaga kerja langsung | 12,000,000 | ||||
| Overhead | 1,100,000 | ||||
| 13,550,000 | |||||
Desain dalam proses awal | 900,000 | |||||
| 14,450,000 | |||||
Desain dalam proses akhir | 1,400,000 | |||||
Biaya penjualan jasa |
|
|
| 13,050,000 |
3. Biaya yang dominan adalah tenaga kerja langsung. Hal ini tidak selalu menjadi keharusan bagi perusahaan jasa. Contohnya adalah perusahaan persewaan DVD/VCD , biaya yang dominan adalah pembelian DVD/VCD.
4. Laporan laba rugi
|
| Lebowski and Associates |
|
|
| Laporan Laba Rugi |
| ||
|
| Untuk Periode yang Berakhir 30 Juni 2008 |
|
|
|
| |||
Penjualan($1,950x9400) | 18,330,000 | |||
(-) Biaya penjualan jasa | -13,050,000 | |||
Laba kotor | 5,280,000 | |||
(-)Beban operasi |
| |||
| Penjualan | 600,000 |
| |
| Administrasi | 500,000 |
| |
| 1,100,000 | |||
Laba sebelum pajak |
|
| 4,180,000 |
5.Empat perbedaan antara jasa dan produk berwujud:
· Jasa tidak berwujud
· Jasa tidak tahan lama
· Jasa tidak dapat dipisahkan
· Heterogenitas pada jasa
Perbedaan jasa dengan produk berwujud tersebut membuat jasa lebih sulit ditetapkan biayanya.
0 komentar:
Posting Komentar